4 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

Diperbarui 30 May 2022

Bagikan:


Bekerja sambil kuliah dapat dilakukan oleh mahasiswa. Selain mendapat tambahan penghasilan, mahasiswa juga dapat menambah pengalaman.

Namun bagi mahasiwa yang menjalankan pekerja sampingan perlu diatur waktunya agar tidak mengganggu kuliah. Berikut pekerja sampingan yang bisa dilakukan sambil kuliah.


Penulis Lepas

Bagi mahasiswa yang suka menulis, pekerja sampingan sebagai penulis lepas bisa dilakukan sambil kuliah. Anda dapat memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dengan mengirim tulisan ke media massa.

Saat ini banyak media massa yang menerima tulisan dari masyarakat dalam bentuk esai hingga opini. Bahkan terdapat media massa yang mempunyai kolom untuk mahasiswa.


Penerjemah

Mahasiswa yang berkuliah di jurusan bahasa mempunyai peluang untuk mendapat pekerjaan sampingan ini. Namun tak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa jurusan lainnya untuk menjalani pekerjaan ini. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan sebagai penerjemah dari internet hingga informasi dari orang terdekat.

Pekerjaan ini tidak hanya dijadikan sebagai pekerjaan sampingan sambil kuliah, namun juga membantu untuk menyempurnakan kemampuan yang dimiliki.


Guru Bimbingan Belajar

Guru bimbingan belajar bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh mahasiswa. Ilmu yang dipelajari di bangku kuliah menjadi modalnya. Setidaknya Anda dapat menguasai 1-2 mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional hingga seleksi masuk perguruan tinggi.

Waktu bekerja bisa disesuaikan dengan aktivitas Anda, tentunya berdasarkan jadwal yang telah disepakati. Menjadi tutor private juga tak kalah menggiurkan. Dari pekerjaan ini, uang tambahan bisa dikumpulkan untuk biaya kuliah atau kebutuhan lainnya.


Content Creator

Belakangan ini pekerjaan sampingan menjadi content creator menjadi primadona. Anda dapat membuat konten di media sosial, seperti YouTube, Instagram, dan Facebook. Dibutuhkan konsistensi dalam membuat konten agar mendapat view dan like yang banyak. Jumlah view dan like inilah yang kemudian dapat dikonversi menjadi uang. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan AdSense dan affiliate marketing. Penghasilan dari content creator yang terbilang cukup besar tentu menggiurkan.


Fresh graduate Freshgraduate