4 Trik Kembangkan Karir Anda

Diperbarui 23 May 2022

Bagikan:


Pekerjaan Anda pasti impian karier Anda.

Lalu bagaimana caranya untuk terus membuatnya dinamis dan berkembang. Jangan sampai Anda terus-menerus berada di tempat yang sama tanpa perubahan yang terjadi.

Sukses bisa Anda dapatkan bukan dari pemberian orang lain, tapi usaha yang Anda kerjakan sendiri. So, demi perkembangan karier Anda, yuk coba lakukan empat hal di bawah ini!


Pikiran yang Terbuka dan Netral

Memiliki pikiran yang terbuka dalam hal apa pun akan mendatangkan keuntungan untuk Anda, terlebih dalam dunia kerja. Saat Anda bersikap netral dan mampu menerima semua hal dengan tangan terbuka maka Anda akan berani untuk menangani permasalahan yang lebih besar.


Kualitas Bukan Kuantitas

Bisa jadi ada yang pernah bilang pada Anda kerjaan yang Anda jalani sekarang sudah banyak di luar sana. Atau karier Anda nantinya tak akan maju karena saingan lebih hebat dari Anda. Oh please… jangan dengarkan mereka! Racun negatif dari para mulut besar itu hanya ingin membuat Anda takut hingga nantinya Anda diarahkan untuk bermain “aman” saja. Kalau sudah terjebak dengan permainan aman itu, Anda tidak akan berpikir untuk melakukan terobosan-terobosan ide luar biasa Anda. Hingga stuck selamanya dalam pekerjaan dan posisi yang sama.


Komunikasi

Mengenal nama bos di perusahaan A, pernah berkenalan dengan salah satu public relation perusahaan B. Well… deretkan saja sepanjang yang Anda punya. Semua hal itu tak akan berguna, bila Anda tak “mengikat” mereka dengan perbincangan yang menyenangkan. Networking bukan hanya perihal mengenal siapa orang tersebut, tapi memiliki komunikasi layaknya seperti pertemanan. Semua orang bisa saja mengenal nama dari internet atau company profile, tapi kedekatan pertemanan tidak bisa disamakan.


Follow Up

Setiap kali bertemu dengan orang baru, jangan buang kesempatan hanya sekadar berkenalan. Setelah Anda mendapatkan kontak orang tersebut, bersiaplah untuk melakukan tindak lanjut. Hal sederhana seperti ucapan terima kasih setelah pertemuan, atau email yang membahas hal-hal lain yang menarik untuk dibicarakan oleh Anda dan orang baru ini. Perlahan, ini akan membuat Anda dan kenalan baru semakin bisa dekat dan besar kemungkinan Anda menyisipkan obrolan bisnis, kan?


pelamar duniakerja kerja