5 Kesalahan Besar Para Pencari Kerja

Diperbarui 14 Jun 2022

Bagikan:


1. Tidak memiliki strategi pencarian kerja

Sebagai pelamar atau pencari kerja Anda tidak bisa hanya memikirkan ingin pekerjaan yang seperti apa. Anda seharusnya mencari beberapa pilihan pekerjaan untuk selanjutnya bisa jadi pertimbangan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat pedoman karier dengan berbagai opsi untuk dicoba.


2. Tidak memiliki kemampuan atau keterampilan

Keterampilan menjadi hal utama yang dibutuhkan perusahaan, bukan jabatan. Siapa sangka saat Anda sudah bekerja di suatu perusahaan dan diminta untuk menggantikan posisi tertentu, tentu Anda harus bisa.

Hal itu yang akan mendorong Anda memiliki pekerjaan baru. Apa pun jabatannya, Anda harus bisa melakukannya. Semua itu akan terasa mudah jika Anda memiliki kemampuan dan terus ingin belajar.


3. Tidak mengikuti trend pekerjaan

Kesalahan lain yang dilakukan para pencari kerja adalah kebanyakan dari mereka tidak mengetahui tren pekerjaan yang ada saat ini. Seharusnya sebagai pencari kerja, Anda bisa mengikuti tren pekerjaan.

Hal itu bermanfaat untuk mengetahui di mana peluang yang bisa Anda dapatkan. Terlebih saat tren tersebut sesuai dengan kemampuan Anda, manfaatkanlah keadaan seperti itu untuk mencari keuntungan.


4. Tidak Berupaya Meningkatkan Keterampilan

Banyak orang yang berpikir bahwa setelah mendapatkan ijazah dan lulus sekolah saat itulah berhenti belajar. Padahal, belajar itu kapan saja bahkan setelah lulus.

Belajar itu bisa dari mana saja dan kapan saja. Ketika Anda sudah tidak ingin lagi belajar, bagaimanakah Anda dapat meningkatkan skill? Seiring berkembangnya zaman, Anda juga harus meningkatkan keterampilan untuk ikut beralih ke industri baru.

Menurut McKinsey, keterampilan di bidang digital akan tumbuh hingga 70 persen dari bidang lainnya. Pertumbuhan tersebut dinilai paling cepat di seluruh dunia. Di samping pertumbuhan digital, juga akan tumbuh keterampilan interpersonal.


5. Tidak mencoba mencari keterampilan kerja awal

Ketika mencari pekerjaan, pertimbangkanlah untuk melakukan berbagai cara agar mempermudah Anda sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan. Mungkin Anda bisa mencoba, seperti freelancing, konsultasi, atau bahkan memulai terlebih dulu untuk bisnis sendiri.

Saat Anda mencari pekerjaan, tentu orang perusahaan akan melihat portofolio Anda. Buatlah portofolio sebaik mungkin.


pelamar Perusahaan online