Tips melamar kerja untuk fresh graduate

6 Tips Melamar Kerja Untuk Fresh Graduate

Diperbarui 28 Mar 2022

Bagikan:


TIPS MENCARI PEKERJAAN UNTUK #FRESHGRADUATE


Mencari #pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Anda harus tekun menjalankannya karena banyak saingan yang juga baru lulus. Status Anda dengan mereka sama, yakni #freshgraduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa di #duniakerja.


Oleh sebab itu, Anda harus bertindak lebih dari mereka, seperti lebih gencar lagi untuk mencari pekerjaan. Berikut tips mencari kerja untuk #freshgraduate.


1. Kenali Potensi Diri Anda

Belajar selama 4 tahun juga belum tentu membuat orang otomatis mengetahui keinginan dan kemampuan yang sebenarnya. Oleh sebab itu, cari tahulah apa yang menjadi kegemaran Anda dan keahlian yang sesungguhnya alias bakat terpendam. Alangkah bahagianya jika sebuah kegemaran bisa dijadikan sebagai ladang penghasil uang.


2. Buat #CV yang Sesuai

Sebelum #melamar #pekerjaan, kenali terlebih dahulu pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika Anda melamar pada bagian kreatif, tentu Anda harus membuatnya dengan #desain sekreatif mungkin. Nah, #CV kreatif ini alangkah baiknya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.


Pastikan bahwa CV tersebut menjelaskan dengan detail siapa diri Anda dan apa saja yang sudah Anda kerjakan. Selain itu, usahakan untuk memberikan lampiran yang memang sesuai dengan pekerjaan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menambah nilai jual Anda


3. Gunakan Alamat E-mail yang Baik

Alamat e-mail sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai Anda #melamar #kerja melalui alamat e-mail yang bukan nama Anda alias e-mail pinjaman. Atau lebih parahnya lagi menggunakan nama alamat e-mail yang kekanak-kanakan.


4. Memilih Boleh, Tapi Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Anda bebas memilih di mana ingin bekerja dan bebas menentukan pekerjaan apa yang ingin didapatkan. Akan tetapi, jangan sampai Anda menutup diri untuk kesempatan yang mungkin lebih besar dari yang dipilih.


5. Manfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Saat ini, Anda tidak hanya bisa #mencaripekerjaan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi untuk membantu Anda mencari pekerjaan. Situs resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut, sehingga dengan mudah Anda bisa menyesuaikannya dengan perusahaan.


6. Manfaatkan Kenalan

Setelah lulus, cobalah untuk mendekat dengan saudara Anda yang kini sedang bekerja. Hal ini dimaksudkan agar dia merasa nyaman berbincang dengan Anda, tentunya perihal pekerjaannya. Dengan begitu, Anda bisa menanyakan kepadanya apakah ada #lowongan pekerjaan yang sedang dibuka di perusahaan tempatnya bekerja.


Melamar pekerjaan khususnya di era pandemi Covid-19 sekarang rasanya gampang-gampang susah. Tapi tidak menutup kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan loh!


pelamar Fresh graduate