7 Tips Kerja Untuk Karyawan 20an

Diperbarui 10 May 2022

Bagikan:


7 Tips Untuk Karyawan 20 –an


Selamat datang di dunia yang sesungguhnya! Tempat dimana Anda akan menemukan passion dan menikmatinya seumur hidup atau justru malah “terpenjara” karena mengerjakan pekerjaan yang tidak Anda senangi.

Tidak perlu tergesa-gesa dalam menentukan jalan mana yang Anda pilih. Berikut adalah 7 langkah yang sebaiknya Anda lakukan di awal karier Anda.


1. Selalu Tunjukkan Etika yang Baik

Pintar sedahsyat apapun kalau Anda tidak memiliki attitude yang baik sama saja. Zaman boleh saja semakin maju tapi yang namanya “terimakasih”, dan “maaf” tetap dibutuhkan—apapun kondisinya.


2. Jangan Berharap Anda Akan Dibimbing

Akan beruntung sekali jika senior Anda bersedia membimbing dengan baik—tapi jangan mengharapkannya. Inisiatiflah, secara Anda anak “hijau” Anda tidak perlu meninggikan ego Anda. Jangan malu bertanya, apalagi memang Anda tidak tahu dan jangan sok tahu karena memang Anda masih baru.


3. Bentuk Reputasi Anda Sejak Dini

Tetap jaga dan jalin relasi yang baik dengan siapa saja—meskipun Anda sebenarnya kurang merasa nyaman dengan seorang kolega, misalnya. Karena Anda tidak tahu ke depannya setelah Anda bekerja di tempat lain, siapa tahu bertemu dengan orang yang sama.


4. Berpikir Positif Sebelum Tidur

Setiap malam, sebelum tidur, pikirkan tiga hal positif yang terjadi hari ini di kantor. Lakukan introspkesi setiap hari sehingga tiap-tiap harinya Anda senantiasa melakukan perubahan-perubahan menuju ke yang lebih baik.


5. Membangun Rasa Percaya Diri Itu Penting

Walaupun Anda masih “hijau” bukan berarti Anda “menjual” murah diri Anda. Tetaplah percaya diri. Kalau bukan Anda yang menghargai diri Anda siapa lagi? Rasa pede bisa memancar keluar, sehingga orang-orang di sekeliling Anda pun merasa enjoy dekat dengan Anda karena Anda memancarkan energi positif.


6. Dekatkan Diri Anda dengan Orang-orang yang Positif

Pernah mendengar pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik? Ya, ini pun berlaku di lingkungan pekerjaaan. Anda memang tidak boleh pilih-pilih dalam bergaul tetapi Anda bisa memilih dengan siapa Anda bergaul.


7. Berdamai dengan Apa yang Dibutuhkan Perusahaan

Bagaimanapun idealisme darah muda Anda akan dikalahkan dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai orang yang digaji Anda harus “berdamai” antara memenuhi keinginan perusahaan dan idealisme Anda.

 


interview pelamar Freshgraduate