8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja

Diperbarui 8 Aug 2022

Bagikan:


Wawancara atau interview baik pada saat melamar kerja merupakan tahap yang penting. Namun tahap ini cukup menegangkan dan tidaklah mudah bagi sebagian besar orang.


Secara garis besar, pada saat wawancara kamu diminta untuk menjelaskan kemampuan, pengalaman dan kelebihan yang kamu miliki seinformatif mungkin dalam waktu yang singkat. Kelihatannya memang sederhana, tetapi tetap saja pasti ada perasaan cemas dan gugup karena kamu tidak tahu dengan siapa kamu akan diwawancara dan pertanyaan-pertanyaan apa yang nanti akan ditanyakan.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas tips dan trik mempersiapkan diri untuk wawancara sehingga wawancara dapat berjalan dengan baik dan kamu dapat diterima di perusahaan yang kamu tuju.


1. Persiapkan CV, Portfolio, dan dokumen lain yang dapat menonjolkan kemampuanmu

Apabila wawancara ini diibaratkan sebagai medan perang, maka CV, portfolio dan dokumen penunjang lainnya adalah amunisi yang harus kamu persiapkan sebelum berperang. Sekarang ini, membuat CV semenarik dan seinformatif mungkin akan menjadi nilai plus bagimu. Apalagi kalau kamu melamar untuk pekerjaan atau jurusan yang berkaitan dengan industri kreatif. Tentu CV-mu akan menjadi hal pertama yang akan dinilai.


2. Gali informasi tentang posisi hingga perusahaan yang dituju

Ini hal kedua yang paling penting tetapi kadang sering terlupakan oleh banyak orang. Jangan sampai kamu tiba di tempat wawancara dengan kepala kosong. Mencari tahu tentang perusahaan dan posisi yang hendak kamu lamar penting sekali karena pewawancara seringkali bertanya tentang hal tersebut. Jadi, alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkan hal ini terlebih dahulu sehingga ketika pertanyaan tersebut muncul kamu tahu harus menjawab apa.


3. Datang tepat waktu

Ketepatan waktu saat datang ke wawancara juga memiliki peran penting loh. Datang tepat waktu akan menunjukkan karakter disiplin dalam diri kamu. Dalam urusan wawancara, ada baiknya jika kamu datang 15-20 menit sebelum jadwal wawancaramu. Waktu tersebut dapat kamu pergunakan untuk merapikan penampilan, menyiapkan CV dan bahan wawancara lain yang memang diperlukan.


4. Berpenampilan rapi dan bersikap sopan

Berpakaian rapi adalah wajib hukumnya ketika kamu menghadiri wawancara. Biar bagaimanapun, hal pertama yang akan dilihat oleh pewawancara adalah penampilanmu. Penampilanmu adalah amunisi lain yang dapat menunjang CV dan portfolio yang sudah kamu persiapkan. Penampilan mungkin memang bukan menjadi penentu lolos tidaknya kamu melewati tahap wawancara, tetapi penampilanmu akan memberikan kesan dan memengaruhi penilaian orang lain terhadap kepribadianmu.


5. Jangan lupakan body language

Percayalah, gestur tubuh atau body language dapat menjadi sesuatu yang sulit dikendalikan jika kamu tidak berlatih dan mempersiapkan mentalmu sebaik mungkin sebelumnya. Menjabat tangan menjadi salah satu gestur tubuh yang harus dijaga. Tidak terlalu lemas tetapi juga tidak terlalu kencang merupakan cara menjabat tangan yang tepat. Jangan lupa untuk menatap mata lawan bicaramu pada saat berjabatan tangan.

Kemudian apabila kamu gugup, hindari gerakan mengetuk-ngetukan kaki ke lantai atau memainkan pulpen. Kamu dapat menyalurkan perasaan gugupmu dengan menggerakan tanganmu ketika kamu sedang berbicara.


6. Siapkan jawaban-jawaban yang kira-kira kamu tahu akan ditanyakan

Biasanya pewawancara akan banyak menanyakan pengalaman kerjamu sebelumnya. Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, ia akan fokus menanyakan tentang kemampuan yang kamu miliki terkait dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, pewawancara juga biasanya sering menanyakan rencana masa depanmu dalam beberapa tahun yang akan datang. Maksud dari pertanyaan ini bukan mengarah ke rencana masa depan personalmu, tetapi lebih kepada kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan di waktu yang akan datang.

Pertanyaan selanjutnya yang juga cukup sering ditanyakan oleh pewawancara adalah tentang kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Pada poin ini sebaiknya kamu menyebutkan kelebihanmu yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Kemudian pada saat menyebutkan kekurangan, sebaiknya kamu sertakan juga solusi yang kamu lakukan untuk mengurangi kekurangan kamu tersebut.


7. Siapkan pertanyaan yang ingin kamu ketahui seputar posisi atau pekerjaan yang ingin kamu lamar

Bertanya seputar pekerjaan atau lingkup kerja perusahaan yang kamu tuju dapat menunjukkan minat dan ketertarikanmu yang lebih dalam terhadap perusahaan tersebut. Apabila kamu diberikan kesempatan untuk bertanya, gunakanlah sebaik mungkin untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan.


8. Berikan aura dan kesan yang positif

CV sudah siap, pakaian sudah rapi, latihan tanya jawab sudah lancar, latihan gestur tubuh dan kontak mata juga sudah matang, lalu apalagi? Nah, untuk melengkapi semua persiapan kamu tersebut, ada satu detil kecil yang akan memengaruhi proses wawancaramu dan membuatmu selangkah lebih dekat menuju pekerjaan impianmu. Apa itu? Bersikap positif. Memberikan kesan positif dari awal sampai akhir sangat penting karena akan memengaruhi penilaian seseorang terhadap kepribadianmu. Bagaimana caranya? Isilah percakapanmu dengan kata-kata yang positif. Apabila pada pekerjaan sebelumnya kamu merasa tidak nyaman, cobalah utarakan hal tersebut tanpa perlu menjelekkan perusahaan tempatmu bekerja dulu.


Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu melakukan wawancara. Semoga bermanfaat dan wawancaramu berjalan dengan lancar ya!