Cara Kerja Tim Lebih Efektif dan Solid Kala Pandemi

Diperbarui 4 Jan 2022

Bagikan:


Membentuk tim kerja yang efektif dan solid di tengah wabah Corona merupakan tantangan tersendiri. Apalagi sekarang diberlakukan work from home. 


Lalu bagaimana caranya agar tim kerja bisa solid dan produktifitas antar karyawan bisa meningkat? Berikut tips membangun tim kerja yang solid. 



1. Tetapkan Tujuan Pada Masing-masing Tim

Menetapkan tujuan untuk tim kerja bermanfaat sekali, salah satu manfaatnya adalah agar tim kerja bisa tetap di jalur yang tepat. 


2. Kepemimpinan

Di dalam sebuah tim kerja, sebaiknya dihadirkan seorang pemimpin. Tujuannya untuk memastikan anggota tim menjalankan kewajibannya masing-masing.


3. Tetapkan Rancangan Pekerjaan

Berikan rancangan pekerjaan berupa list job yang harus dikerjakan.


4. Kolaborasi

Kolaborasi antar anggota dalam tim kerja sangatlah berpengaruh kepada produktifitas perusahaan. 


5. Berikan Komitmen

Komitmen bisa membuat teamwork menjadi lebih solid. 


6. Berikan Penghargaan

Memberikan penghargaan berupa pujian kecil kepada anggota tim sangatlah penting. Anda bisa melakukannya untuk mengapresiasi ide, kreatifitas dan semangat kerja para anggota. 


7. Atur Jalur Komunikasi Formal dan Informal

Beberapa platform yang bisa Anda gunakan ketika work from home yaitu Google Docs, Slack, Zoom, Microsoft Team dan sebagainya.


teamwork kerjatim kolaborasi