Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Diperbarui 4 Jan 2022

Bagikan:


Membicarakan #gaji, tidak selalu dilihat dari perspektif pengeluaran sehari-hari. Gaji juga berkaitan dengan THR, tunjangan, kompensasi PHK, dan tunjangan pensiun. Bahkan, #nominal gaji yang Anda terima menjadi patokan kenaikan gaji berikutnya. 


Nominal gaji adalah kesepakatan murni antara perusahaan dengan karyawan. Nominal gaji yang mandek selama bertahun-tahun juga beresiko terhadap kesehatan #finansial Anda menghadapi inflasi. 


Oleh karena itu, melakukan negosiasi gaji akan meminimalisasi kerugian finansial dalam keberlangsungan karir Anda. Lalu, bagaimana cara agar sukses saat nego gaji?


1. Pastikan Semua Tanggung Jawabmu Terpenuhi


Sebelum meminta kenaikan gaji, pastikan Anda telah memenuhi seluruh kewajiban pekerjaan Anda. Hal ini penting karena saat menghadapi negosiasi gaji, #HRD akan memastikan bahwa #jobdesk dan Key Performance Indicator (KPI) yang sudah ditentukan telah Anda penuhi.


Perhatikan pula hal-hal lain seperti kedisiplinan waktu dalam bekerja, dan pencapaian Anda selama bekerja. Jika Anda tidak mampu memenuhi KPI yang sudah di tentukan selama berbulan-bulan, maka hal utama yang harus Anda lakukan sebelum negosiasi gaji adalah memperbaiki kinerja dan memenuhi tanggung jawab dasar Anda sebagai karyawan.


2. Evaluasi Jam Terbang dan Pencapaian Diri


Mengevaluasi jam terbang dan pencapaian diri sangat penting dilakukan sebelum negosiasi gaji. Anda dapat menuliskan daftar tantangan apa saja yang pernah Anda hadapi dalam #karier, lama #bekerja, dengan siapa saja Anda bekerja sama, atau #perusahaan seperti apa saja yang pernah Anda singgahi.


Agar lebih objektif, Anda bisa menanyakan pencapaian kerja Anda kepada #rekan kerja atau atasan Anda. Anda hanya perlu memastikan bahwa semua yang dituliskan merupakan pengalaman jujur dan tidak dilebih-lebihkan. Dengan demikian, Anda akan selangkah lebih maju untuk suskes saat nego gaji.


3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Atasan


Dalam konteks negosiasi gaji, Anda perlu mengomunikasikan dengan jelas bahwa Anda ingin bernegosiasi terkait gaji. Sebelum ke arah formal seperti surat atau email ke #HRD, Anda dapat memberikan heads-up terlebih dahulu kepada atasan Anda. 


Saat bernegosiasi, Anda dapat menyampaikan mengenai tanggung jawab yang telah Anda penuhi dan pencapaian yang telah Anda bawa ke tim. Selain itu, Anda dapat menyampaikan hasil riset Anda mengenai rentang gaji terbaru di tahun #2021. Dengan cara inilah, atasan Anda lebih mudah memahami dan mempertimbangkan argumen Anda dengan lebih terbuka.


Dalam menjalani #karir, Anda tidak perlu segan untuk mematok gaji yang sepadan dengan #talenta, integritas, dan kontribusi Anda untuk #perusahaan. Jika Anda ingin meng-upgrade citra #profesional Anda, Anda dapat bergabung menjadi member PT DKU untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi dan gaji yang Anda inginkan. Yuk daftar member sekarang juga!


Negosiasi Gaji Nego