Langkah Mudah Membuat Daftar Riwayat Hidup

Diperbarui 10 May 2022

Bagikan:


Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuatnya, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Ingat, curriculum vitae yang menarik adalah curriculum vitae yang relevan. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda.


Ketahui Isi CV Secara Umum

Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan daftar riwayat hidup Anda yang akan dicantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut. Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:

  1. Identitas Diri: Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat e-mail.
  2. Pendidikan: Pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK.
  3. Personalitas: Gambaran singkat karakter diri Anda.
  4. Keterampilan: Keterampilan yang Anda miliki.
  5. Proyek dan Pengalaman Kerja: Hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  6. Training/Pelatihan Terbaru: Pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  7. Informasi Lain tentang Diri Anda: Hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.


Mulai Membuat CV

Cara membuat curriculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”.

Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca. Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada poin 2 di atas adalah:

  1. Cantumkan Identitas Diri: Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
  2. Tulis jenjang pendidikan: Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
  3. Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
  4. Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  5. Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
  6. Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.


Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi. Tentunya sangat disayangkan jika Anda sudah susah-susah cari cara membuat curriculum vitae yang menarik ternyata kesalahannya adalah typo. Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.


Analisa CV Anda

Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut. Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.

Langkah berikutnya, Anda dapat meminta bantuan teman atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Anda buat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat. Setelah itu, Anda dapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan. Jika Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas dengan baik, tentu sangat baik dan kemungkinan besar diterima dan diproses oleh perusahaan.



Selamat mencoba!


pelamar persiapan recruitment