Mengapa Perusahaan Butuh Talenthunt?

Diperbarui 4 Jan 2022

Bagikan:


#Headhunter, atau yang dikenal sebagai #executive #recruiter, merupakan sebuah #perusahaan atau individu yang menyediakan jasa untuk merekrut #kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tertentu dalam perusahaan.


Biasanya, perusahaan menggunakan #jasaheadhunter ketika ada posisi yang harus segera diisi tetapi belum ada kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.


Umumnya, para headhunter melakukan pencariannya secara eksekutif, oleh karena itu tugasnya disebut #executive search. 

Mereka hanya memerlukan detail informasi dari perusahaan seperti persyaratan, job description, pengalaman dan keahlian khusus yang wajib dimiliki seorang kandidat. 


Setelah itu, mereka melakukan pencarian talent secara aktif dari berbagai platform media sosial untuk diserahkan kepada perusahaan.


1. Mendapatkan kandidat terbaik


Para headhunter memiliki jaringan #profesional yang luas dan list kandidat potensial yang dapat membantu mereka untuk menemukan kandidat terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, mereka juga memiliki akun layanan profesional LinkedIn, yang memberi mereka akses ke seluruh pengguna LinkedIn dan perekrut LinkedIn. Dengan ini, mereka dapat melakukan penelusuran yang akurat dan spesifik untuk membantu mereka menemukan orang yang tepat.


Setelah itu, mereka juga akan menyaring kembali kandidat #potensial dengan sangat ketat sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman spesifik yang dibutuhkan. Sehingga, kandidat terpilih sudah terjamin merupakan kandidat terbaik bagi perusahaan.


2. Mempermudah proses rekrutmen


Menggunakan jasa headhunter juga membuat perusahaan tak perlu repot mereview ratusan bahkan ribuan CV yang pastinya melelahkan, memakan waktu yang sangat panjang, dan belum tentu terjamin kualitas kandidat yang diperoleh. Cukup berikan detail informasi seperti #jobdescription, persyaratan, keahlian khusus dan pengalaman spesifik kandidat yang dibutuhkan. Praktis kan?


3. Mempersingkat proses rekrutmen


Para Headhunter bergerak jauh lebih cepat dibandingkan dengan konsultan perekrutan tradisional. Umumnya, perusahaan membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam menemukan kandidat yang tepat, tetapi para headhunter hanya membutuhkan waktu beberapa minggu saja. Alhasil, perusahaan tetap dapat beroperasi efektif karena kekosongan posisi cepat terisi.


4. Senjata rahasia perusahaan


Tidak seperti proses rekrutmen biasanya, jasa headhunter melakukan pendekatan yang bertarget untuk mengisi posisi yang ‘sulit diisi’ (hard-to-fill position) seperti posisi manager yang tidak ingin diiklankan. 


Tak hanya Melayani Operator saja, PT. DKU juga memiliki service Talenthunt loh. Cocok sekali untuk Perusahaan Anda yang sedang mencari kandidat posisi-posisi sulit. Serahkan kegiatan #Recruitment pada ahlinya sekarang juga!


headhunter talenthunt candidate